10 Proses Perjalanan Biji Kopi Dari Benih Hingga Ke Secangkir Kopi

ENTHUSIAST COFFEE

Antara waktu saat kopi ditanam, dipetik dan sampai pembelian, biji kopi telah melewati serangkaian proses khusus untuk menjadi sebuah biji kopi terbaik. Seperti apa prosesnya? Silahkan baca artikel ini sambil menikmati secangkir kopimu.

1. Planting / Penanaman Buah Kopi

Cafe-Justo-Coffee-Chiapas-MexicoPlanting / Penanaman Buah Kopi

Sebuah biji kopi awalnya adalah benih. Setelah dikeringkan, dipanggang dan digiling menjadi bubuk, proses-proses inilah yang digunakan untuk menyeduh kopi. Jika benih tidak diproses maka dapat ditanam kembali untuk tumbuh menjadi pohon kopi.

Biji kopi umumnya ditanam di lahan besar pembibitan atau perkebunan. Benih-benih akan sering disirami dan ditempat teduhkan dari sinar matahari sampai benih tersebut cukup sehat untuk ditanam secara permanen. Penanaman biasanya dilakukan selama musim hujan, sehingga tanah tetap lembab dan akarnya menjadi kuat.

2. Harvesting / Pemanenan Buah  Kopi (Ceri)

Man inspects coffee berriesHarvesting / Pemanenan Buah Kopi

Tergantung dari varietasnya, pemanenan akan memakan waktu sekitar 3 sampai 4 tahun untuk pohon kopi yang baru ditanam hingga berbuah. Buahnya disebut ceri kopi yang berubah menjadi warna merah tua dan cerah, artinya kopi sudah matang dan…

View original post 1,391 more words

Advertisements